-->

Iklan

Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Bersama Mahasiswa Internasional UMP Kunjungi Bupati Banyumas

Marnoto
07 Desember 2022, 18.17.00 WIB Last Updated 2022-12-07T11:17:45Z
Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Bersama Mahasiswa Internasional UMP Kunjungi Bupati Banyumas

PURWOKERTO - Bupati Banyumas Achmad Husein menerima kunjungan mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) 2022 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan mahasiswa internasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Kunjungan ini merupakan salah satu aktivitas Modul Nusantara yang menjadi salah satu mata kuliah wajib dalam program PMM 2.  Modul Nusantara berbobot 4 SKS terdiri dari kegiatan kebinekaan, inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial.  Kegiatan anjangsana ke bupati merupakan salah satu agenda menampilkan tokoh inspirasi yang ada di Banyumas.

Keikutsertaan mahasiswa internasional UMP dalam agenda tersebut atas permintaan bupati untuk bertemu bukan hanya mahasiswa dari luar Jawa yang tergabung dalam PMM 2, tetapi juga para mahasiswa internasional yang sedang belajar di UMP.  Para mahasiswa internasional UMP dari Yaman, Bangladesh, Sudan, Tajikistan, Mali, Malawi, dan Pakistan bergabung dalam aktivitas tersebut.  Dalam pertemuan tersebut Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan beberapa poin penting terkait kunci keberhasilan dari seseorang dalam mencapai impiannya.

"Dari beragam pengalaman hidup yang tidak mudah itu ada banyak hal yang saya yakini; pertama, tidak ada kesulitan yang tidak ada solusinya. Kedua, hasil akan selalu selaras dengan apa yang dikorbankan. Ketiga, jika mimpimu besar maka pengorbanan juga harus besar. Keempat, harus punya komitmen dan kesetiaan terhadap apa yang dikerjakan. Terakhir, jangan pernah menyerah, karena usaha itu mutlak," jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga berpesan bahwa apa yang telah disampaikan sudah semestinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya harap kalian dapat berkomitmen dan dapat mengambil hikmah dari apa yang sudah saya ceritakan. Karena jika tidak, akan jadi sia-sia mengenai apa yang saya sampaikan. Saya berharap, kalian akan menjadi pimpinan di daerah masing-masing suatu saat nanti dan lebih tinggi dari saya karena modal dasar kalian lebih baik dari saya." jelasnya.

Kepala Bagian Kerjasama dan Aktivitas Internasional Biro Urusan Internasional UMP Titik Wahyuningsih, S.S.,M.Hum berharap para mahasiswa mendapatkan inspirasi dari kegiatan tersebut dan menambah pengalaman yang tak terlupakan.  Diharapkan, apa yang disampaikan bupati dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa untuk menjadi pemimpin di daerahnya maupun di negara mereka masing-masing.

"Harapan saya mahasiswa mendapatkan inspirasi yang luar biasa, kemudian mereka mendapat pengalaman yang tidak terlupakan dan UMP menjadi tempat yang indah untuk belajar," katanya. 

Sementara itu, Baligh Belal mahasiswa Program Studi S2 Manajemen UMP asal Yaman yang sempat berdialog lagsung dengan bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini memberi banyak kekuatan dan inspirasi untuk masa yang akan datang. 

"Setelah acara kemarin saya merasakan memiliki kekuatan dan saya bisa melakukan apa saja dimasa depan, maka bekerja keraslah dan kamu dapat melakukan itu," ujarnya. 

Baligh Belal menegaskan untuk menciptakan banyak ide atau gagasan dengan mereka yang memiliki kemampuan agar dapat mewujudkan bersama.(Marnoto)
Komentar

Tampilkan

Terkini

close
!-- [ iklan melayang kiri mulai ] -->
close