-->

Iklan

UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta gelar BAKSOS di MTs PAKIS Pesawahan Gununglurah Cilongok Banyumas.

Marnoto
16 Februari 2023, 13.33.00 WIB Last Updated 2023-02-16T06:33:54Z
UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta gelar BAKSOS di MTs PAKIS Pesawahan Gununglurah Cilongok Banyumas (Dok MTs PAKIS)

BANYUMAS - Dalam rangka implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi UIN Syarif Hidayatulloh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Jakarta menghelat kegiatan bertajuk Bakti Sosial selama 2 minggu (8-23 Februari 2023). Kegiatan Baksos dilaksanakan oleh 140 Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi DEMA FDIKOM, sebagaimana hasil survey panitia selama 2 kali, kata ketua panitia Januar Hendardi, Baksos kali ini mengangkat tema "Optimalisasi Potensi Sumber Daya Desa dalam Mendukung Masyarakat Maju dan Sejahtera" dan semoga kegiatan baksos kami benar-benar membawa manfaat untuk lingkungan.

H. Suyanto selaku Kepala Desa Gununglurah menyambut baik kegiatan yang dipusatkan di kampung pesawahan dan MTs PAKIS. 
Salah satu kegiatan Baksosnya mahasiswa juga Mengajar anak-anak TK, MTs, SD N 2 Sambirata, mengajar ngaji di mushola setiap hari selama bakti sosial diselenggarakan, kata Isrodin selaku Kepala Sekolah MTs PAKIS, dan kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan baksos dari UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, karena mereka juga sekaligus menjadi relawan dalam berbagai kegiatan yang melibatkan anak-anak MTs dan masyarakat kampung Pesawahan dan Karanggondang.

Selain program harian ada juga program yang dilaksanakan bersifat umum diantaranya sarasehan kebangsaan bersama Sekjen MPR RI yang dihadiri Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemkab Banyumas dan Forkompincam Kecamatan Cilongok. Program pendidikan agama, sosial kemasyarakatan, Kerjabakti Lingkungan, Plangisasi, pemeriksaan kesehatan gratis, Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu bersama Panwaslu Kecamatan Cilongok, penebaran benih ikan di Telaga Kumpe sebanyak 2 ribu ikan nila, tanam pohon kopi dan pala 100 pohon.

Mahasiswa yang live in di rumah warga dan MTs PAKIS juga berkegiatan menjadi warga kampung dengan mengikuti aktifitas harian penduduk kampung Pesawahan, ada yang belajar bertani, berternak sampai ada yang belajar mengolah gula kelapa, kata ketua Dema FDIKOM Alfi Syahrin.
Kegiatan Baksos akan ditutup pada tanggal 22 Februari 2023 yang akan dihadiri Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta. 

Rencananya kegiatan penutupan akan diadakan sekaligus sebagai sarana perpisahan yang dalam rangkaiannya akan diselenggarakan lomba-lomba, pentas seni dan budaya dan pemberian kenang-kenangan kepada MTs PAKIS dan Pemerintah Desa Gununglurah beserta masyarakat pada umumnya.(Marnoto)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Olahraga

+
close
close